Monday, August 17, 2009

Meggy Z - Sakau (Sakit Karena Engkau)

Penyanyi lagu Lebih Baik Sakit Gigi ini, Meggy Zakaria, 50 tahun, tampak rendah hati. Meski punya dua rumah di Cempaka Putih, dan di Cipayung -- yang ada musalanya -- ia sungkan mengungkit soal pendapatannya dari musik dangdut. "Yang penting ada kuda," kata ayah dua anak pemilik BMW keluaran 1980 itu. Pengurus masjid di lingkungannya itu lebih bergembira jika bercerita tentang rencananya untuk naik haji tahun ini. Ia memang religius. "Meski belum pernah membangun masjid, tetapi menyokong pembangunan masjid itu kewajiban," katanya kepada Krisnadi Yuliawan dari Gatra.

Namanya sebagai penyanyi dangdut melejit kali pertama pada 1987 lewat lagu Sakit Hati. Ia memperoleh bonus lumayan dari produsernya. Namun, meskipun namanya melambung lewat lagu Sakit Gigi pada 1991, peruntungannya tidak jalan seiring. Soalnya, kala itu sistem kontraknya tak jelas. Cuma atas dasar saling percaya. Konon, kabarnya ada penyanyi dangdut yang diberi bonus mobil tak disertai surat tanda kepemilikan.

Toh, lelaki kelahiran 25 Agustus 1945 itu tetap mensyukuri hidupnya. Ia masih terkenang, selepas SMA pada 1962 ia masih menjadi penyanyi orkes yang mengembara dari kampung ke kampung. Saat itu ia tak cuma menyanyi dangdut. Ia pernah juga bergabung dengan grup band Minang, menyanyikan lagu pop, bahkan memetik gitar pengiring. "Karena saya senang film India, maka bakat dangdut saya pun mengalir," katanya.

Debutnya di dunia rekaman berawal pada l970, di studio Remaco. Tapi, lelaki yang semula bercita-cita jadi pengusaha itu sempat juga putus asa ketika musik dangdut dicap kampungan, tidak laku, dan segala macam. Tapi karena sudah mendarah daging, ya dijalaninya juga. "Sekarang mau laku atau tidak, saya sudah mantap di dunia dangdut," katanya.

Syukurlah, sekarang dangdut sudah diterima masyarakat luas. "Bahkan, sudah ada regenerasi," katanya. Hanya saja, ia mengkritik penyanyi dangdut yang muda-muda, yang suaranya terpaksa ditopang teknologi rekaman. "Jarang ada penyanyi muda bersuara dangdut banget," kata Meggy.

Album Sakau menampilkan banyak lagu merdu termasuk lagu You. Lagu merdu yang
lain termasuk Bunga Rindu, Gading Retak, Madu Malam dan Mengapa Bedakan. Lagu sakau sebenarnya dibuat dalam dua versi, album ini menampilkan Sakau versi Dangdut koplo. Album ini memang tidak mengecewakan. Meggy Z Sentiasa tampil dengan lagu dangdut yang menarik dan merdu . Album ini diedarkan oleh Sani Music Collection. Tidak ada di Malaysia.

Download MP3 Via MediaFire:
  • Meggy Z - Bunga Rindu (Ricky Zhun)
  • Meggy Z - Gading Retak (Armadi Raga)
  • Meggy Z - Madu Malam(Endang Raweudy)
  • Meggy Z - Mengapa Bedakan (Ferry AW)
  • No comments:

    Post a Comment

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...