Monday, February 15, 2010

Menanti Keseimbangan Dari Iwan Fals

Tanggal 20 Februari 2010 nanti Iwan Fals akan meluncurkan album terbarunya yang berjudul Keseimbangan. Album ini sangat dinanti penggemarnya, sebab Iwan Fals terakhir mengeluarkan album utuh yaitu pada tahun 2007 bertitel 50:50 dengan label Musica. Sebenarnya pada tahun 2009 kita menjumpai album baru Iwan Fals dengan judul Untukmu Terkasih keluaran Falcon Music. Sayangnya album itu hanya berisi dua buah lagu dan lebih tepat dibilang sebagai mini album.


Album Keseimbangan gaungnya sudah terdengar sejak beberapa bulan yang lalu dan pada tanggal 15 Januari keluar rilis resmi dari PT.Tiga Rambu tentang peredaran album ini yang untuk sementara hanya bisa dipesan lewat mail order dan tidak dijual di toko cd/kaset. Ya, Iwan Fals sekarang memilih jalur indie untuk album barunya.

Album ini adalah salah satu proyek besar Tiga Rambu, perusahaan milik Iwan Fals. Sebelumnya Tiga Rambu cukup sukses menggelar konser bulanan Iwan Fals selama dua tahun berturut-turut di Panggung Kita Leuwinanggung, Depok. Tiga Rambu juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial berkaitan dengan tema konser bulanan, serta melaksanakan beberapa lomba kreatifitas bagi para fans Iwan Fals.

Dari rilis resmi dikabarkan album ini memuat lebih dari sepuluh lagu. Tercantum disana ada lagu Suhu, Pohon Untuk Kehidupan serta Ya Allah Kami. Dan pada penampilan di acara Kick Andy, Iwan Fals menyanyikan sekaligus memperkenalkan kepada publik lagu Suhu dan Aku Menyayangimu yang akan masuk dalam album Keseimbangan.

Mengetahui sedikit dari daftar lagu diatas, saya langsung terpukau. Terutama pada lagu Suhu, yang rekaman livenya sudah sering saya dengar. Lagu berlirik ‘maut’ ini sebenarnya sudah lama dan sering dinyanyikan dalam konser. Dahulu saya berharap lagu ini direkam dan masuk kedalam album, sekarang ini akan jadi kenyataan.

Lagu Pohon Untuk Kehidupan yang juga pernah dinyanyikan dalam konser merefleksikan kepedulian pada kelestarian alam. Dan lagu Aku Menyayangimu yang pertama saya dengar saat siaran konser Iwan Fals di TV sekitar tahun 2004, berkisah tentang kemanusiaan.

Membaca ada judul lagu Ya Allah Kami, saya langsung teringat beberapa waktu yang lalu banyak yang meminta Iwan Fals menyanyikan lagu-lagu religi. Tampaknya ini jawaban Iwan Fals kepada penggemar yang berharap dia menyanyikan lagu religi.

Dari lagu-lagu tersebut saya bisa berkata komposisinya cukup bagus dan mengakomodir keinginan yang beragam dari penggemar. Lantas bagaimana dengan lagu sisanya? Saya tidak mendapat rilis resmi detail lagu-lagu yang akan masuk kedalam album Keseimbangan. Namun dari pengamatan di internet, secara tidak langsung saya menjumpai beberapa tema yang istimewa seperti tema olahraga, kepahlawanan, sindiran, kritikan, persahabatan, alam, perdamaian, kemanusiaan dan religi. Kalau tema-tema tersebut benar, maka album baru Iwan Fals ini memang seimbang sesuai dengan judulnya. Lantas tetap adakah tema cinta dalam album baru ini?.

Nah, mari kita sama-sama menanti Keseimbangan dari Iwan Fals. Terlepas dari banyak orang yang merasa kesulitan atau tidak familiar dengan cara pemesanan album ini, saya pribadi menjadikan itu sebuah seni tersendiri. Dengan begitu kita bisa belajar memanfaatkan teknologi internet untuk membeli album dari idola sendiri. Mungkin dianggap ribet cara belinya, namun semoga sebanding dengan apa yang kita dapat.

Akhir kata, mari kita dukung dan menghargai karya musisi bangsa sendiri dengan tidak membeli album bajakan. |SB|


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...